Selamat pagi, selamat siang, dan selamat malam guys..
selamat datang di blog baru gue.
karena bingung mau upload apa, jadi gue mau apload tugas kuliah yang barusan gue kumpul. kenapa gak yang lain??? soalnya di hdd gue hanya baru berisi mengenai tugs kampus, maaf hdd yg lma lagi marahan sama gue alias error gak mau digunain lagi.. haha
baik guys, disini gue akan upload mengenai tugas Definisi Pengembagan menurut beberapa ahli dan juga Definisi Bahan Ajar.. karena pengalaman gue yang sedikit kesulitan dalam mencari referensinya, akhirnya gue putuskan untuk mempublishnya.. semoga bermanfaat bagi sobat Belajar Semanis Coklat ya.. karna ini post pertama, mohon saran atas kekurangan yang telah dipublish ..
thanks guys,..
langsung aja kita ke definisinya..
hoho..
Definisi pengembangan yang berkaitan
dengan pendidikan atau media dalam pembeljaran menurut beberapa ahli :
Ø pengembangan
artinya proses, cara, perbuatan mengembangkan (Kamus Besar Bahasa
Indonesia , 2002 : 538).
Ø Menurut Undang-Undang
Republik Indonesia Nomor
18 Tahun 2002 Pengembangan adalah
kegiatan ilmu pengetahuan
dan teknologi yang bertujuan memanfaatkan kaidah dan
teori ilmu pengetahuan yang telah terbukti kebenarannya untuk
meningkatkan fungsi, manfaat,
dan aplikasi
ilmu pengetahuan dan teknologi
yang telah ada,
atau menghasilkan teknologi
baru.
Ø Pengembangan
secara umum berarti
pola pertumbuhan, perubahan secara perlahan (evolution) dan perubahan
secara bertahap.
Ø Menurut Seels
& Richey (Alim Sumarno,
2012) pengembangan berarti
proses menterjemahkan atau
menjabarkan spesifikasi rancangan
kedalam bentuk fitur
fisik. Pengembangan secara
khusus berarti proses
menghasilkan bahan-bahan
pembelajaran. Sedangkan
menurut Tessmer dan
Richey (Alim Sumarno, 2012)
pengembangan memusatkan perhatiannya tidak
hanya pada analisis kebutuhan,
tetapi juga isu-isu
luas tentang analisis
awal-akhir, seperti analisi kontekstual.
Ø Pengembangan
bertujuan untuk menghasilkan
produk berdasarkan temuan-temuan
uji lapangan.
Ø Menurut
AECT Pengembangan adalah proses penterjemahan spesifikasi desain ke dalam
bentuk fisik, di dalamnya meliputi : (1) teknologi cetak; (2) teknologi
audio-visual; (3) teknologi berbasis komputer; dan (4) teknologi terpadu.
Definisi
bahan ajar menurut para ahli :
Ø Menurut
National Center For Competency Based Training (2007),bahan ajar adalah segala
bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru atau instuktur dalam
melaksanakan proses pembelajaran dikelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa
tertulis maupun tak tertulis.
Ø Menurut
Pails Ache dalam Diknas, bahan ajar adalah gabungan dari dua kata “teaching
materia “. Maknanya terdiri atas teaching yang berati mengajar dan material
yang berarti bahan. Jadi bahan ajar merupakan seperangkat materi pembelajaran
yang disusun secara sistematis ,menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang
akan dikuasai peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
Ø Menurut
Suharsimi Arikunto dalam Belawati dkk,memberikan pendapat tentang pentingnya
bahan ajar yakni bahan ajar merupakn inti yang ada dalam kegiatan pembelajaran.
Karena memang bahan pembelajaran itulah yang diupayakan untuk dikuasai
pembelajar.
Ø Menurut
Darwyn Syah ,dkk sebagaimana dikutip oleh Zainuddin Arif, Bahan pembelajaran
merupakan salah satu sumber belajar yang berisikan pesan dalam
bentuk-bentuk,konsep,prinsip,definisi,kontes,data,fakta,proses,nilai,dan
keterampilan.
Ø Sedangkan
menurut Chomsin S. Widodo dan Jasmadi, bahan ajar adalah seperangkat sarana
yang berisikan materi pembelajaran, metode, batasan-batasan, dan cara
mengevaluasi yang didesain secara sistematis dan menarik dalam rangka mencapai
tujuan yang diharapkan, yaitu mencapai kompetensi dan subkompetensi dengan
segala kompleksitasnya.
Ø Menurut
Panen (2001) mengungkapkan bahwa bahan ajar merupakan bahan-bahan atau materi
pelajaran yang disusun secara sistematis, yang digunakan guru dan peserta didik
dalam proses pembelajaran (Andi,2011:16).
Ø Dick,
Carey, dan Carey (2009: 230) instructional
material contain the conten either written, mediated, or facilitated by an
instructor that a student as use to achieve the objective also include
information thet the learners will use to guide the progress.
Sehingga
dapat ditarik kesimpulan menurut pendapat saya bahwa pengembangan bahan ajar
adalah proses, cara, dan perbuatan mengembangkan iptek yang memanfaatkan kaidah
dengan tujuan meningkatkan fungsi, manfaat, dan aplikasi iptek dalam bentuk
fisik yang berisi materi pelajaran, metode, batasan-batasan dan cara menevaluasi
yang didesain sedemikian rupa menarik sehingga memudahkan guru dalam
menyampaikan suatu materi pembelajaran.
syukron
BalasHapustolong dimasukan dapusnya mas supaya lebh lengkap. makasih sebelumnya sangat berguna
BalasHapusReferensinya dari buku apa yaaa?
BalasHapusmakasih banyak bro... 👍👍
BalasHapustpi maaf nih, ntar lg cantumin referensinya...😅
terimakasih, maaf referensinya dari buku apa ya?
BalasHapusTerima kasih tulisannya, membantu utk menyelesaikan tugas kuliah
BalasHapuskenapa kok bisa disebut pengembangan ?
BalasHapus